Artikel

PropertiMakmur.id

Apakah Sama Real Estate Dengan Real Property?

Dalam keseharian seringkali arti istilah REAL ESTATE/REAL ESTAT disamakan dengan REAL PROPERTY/ PROPERTI.

Apakah benar sama? Mari kita bahas.

Masyarakat kita pada saat ini, sangat terbiasa dengan copy-paste info tanpa menelusuri lebih jauh arti, makna dan kontekstual sebuah kata, data dan informasi. Hal itu sering menyebabkan terjadi pergeseran arti/informasi yang beredar ditengah masyarakat luas.

Terkhusus dalam hal ini banyak dari kita jika mendengar REAL ESTAT, maka yang terbayangkan adalah sebuah komplek perumahan yang memiliki lingkungan yang tertata rapi, suatu kawasan perumahan yang luas dan indah, seperti yang dipasarkan tim Makmur Property Malang Raya, salah satunya kawasan Green Stone Tegalgondo milik developer PT. Notojoyo Nusantara dan/atau project kawasan perumahan-perumahan lainnya.

Dan bila terdengar kata PROPERTI, terbayangkan dalam pikiran kita sebuah/satu unit bangunan atau bangunan di dalam komplek perumahan, semisal sebuah rumah mewah dengan halaman seluas ratusan meter dengan harga puluhan milyar rupiah, atau sebuah unit rumah tinggal menengah di sebuah komplek sebuah perumahan di Jl. Borobudur dengan harga 750 juta rupiah, dll. Sehingga properti diartikan sebatas pada suatu bangunan itu sendiri.

Jika kita merujuk dari asal kata-nya, REAL ESTATE berasal dari serapan bahasa Inggris yang pada mulanya bersumber dari bahasa Spanyol. REAL/ROYAL berarti kerajaan, sedangkan ESTATE berarti tanah (pertanian/kebun). Sehingga bisa diartikan sebagai suatu kawasan tanah yang dikuasai oleh raja, bangsawan, tuan tanah/para konglomerat, orang kaya dan rakyat pada umumnya. (“The Cash Flow Quadrant” by Robert T Kiyosaki halaman 146). Sedangkan kata PROPERTY merujuk ke kamus Bahasa Inggris Indonesia John M. Achols atau lainnya berarti hak dan kepemilikan atas suatu tanah dan bangunan diatasnya.

Panangian Simanungkalit memaparkan, REAL ESTATE didefinisikan sebagai “land and all improvement made both on and to land” atau tanah dengan segala perbaikan dan perkembangannya. Perbaikan yang dimaksudkan adalah semua buatan manusia yang dilekatkan pada tanah (halaman, pagar, jalan, saluran, dll).  Di sisi lain, REAL PROPERTY didefinisikan sebagai “the interest, benefits, and rights inherent in the ownership of real estate”. Dengan kata lain, REAL PROPERTY adalah kepentingan dan hak-hak yang menyangkut kepemilikan tanah, bangunan, dan perbaikan yang menyatu terhadapnya.

Dari referensi pengertian diatas, dapat disimpulkan, istilah REAL ESTATE  hanya menyangkut obyek itu sendiri (tanah dan bangunan) sedangkan REAL PROPERTY/PROPERTI adalah istilah yang menyangkut hubungan hukum antara obyek (REAL ESTATE) dengan subyek.

Oke, mungkin informasi ini bisa menambah wawasan kita, apabila ada tambahan, saran dan kritik, kami sangat membutuhkan demi perkembangan dan kemanfaatan kita bersama. Terimakasih. MIS MP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare

WhatsApp chat