Artikel

PropertiMakmur.id

Tips Eksterior Rumah Dan Bangunan

TIPS EKSTERIOR RUMAH DAN BANGUNAN
Eksterior, design eksterior, design eksterior rumah, design eksterior villa, desainer

Propertimakmur.id 11/09/2019, 21.00 WIB

Penulis : Makmur Ismail Saleh  I Editor : Tim Properti Makmur

 
Malang, Propertimakmur.id – Salam. Apa kabar kawan-kawan PropertiMakmur.id? Pernahkah kita terkesima dengan tampilan depan sebuah bangunan, rumah, villa, dll sampai-sampai kita mengamatinya dengan detail? Desain eksterior rumah tersebutlah yang membuatnya nampak begitu indah menawan.

Ok, kali ini PropertiMakmur.id bakal membahas perihal desain eksterior. Desain eksterior merupakan semua bagian dari bangunan yang berbatasan dengan lingkungan sekitar seperti jalan ataupun bangunan tetangga, karena itu ia menjadi aspek penting untuk menciptakan atmosfer dan identitas sesuai yang diinginkan. Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI, eksterior adalah bagian luar rumah, gedung dan sebagainya. Sedangkan desain berarti kerangka bentuk; rancangan, dalam arti lain juga diartikan motif bangunan.

Jadi dapat diartikan desain eksterior adalah perancangan karya pada sisi bangunan luar, atau dalam bahasa mudahnya adalah merancang bagaimana sosok luar rumah terlihat indah dan menarik mulai dari merancang rumputnya, pagarnya, pintu, kaca, cat dan sebagainya.

Desain eksterior tidak dapat dipisahkan dari karakteristik pengguna dan kondisi sosial kultural sekitar. Dan pastinya juga terhubung dengan ruang-ruang dalam, karena memiliki pengaruh langsung terhadap interior Anda. Seperti misalnya penghawaan ruang yang dipengaruhi dengan jumlah jendela dan ukuran ventilasinya. Tampilan menakjubkan dari suatu bangunan tidak identik dengan villa, rumah atau perumahan mewah dan megah saja. Bisa jadi hanya rumah type kecil. Hanya saja rumah tersebut mampu memenuhi elemen-elemen kunci pada eksterior rumah dan menerapkannya secara tepat. Dalam mendesain eksterior rumah tidak harus memerlukan bantuan dari arsitek atau pelaku desain eksterior profesional, banyak relasi, wawasan, referensi dan mengetahui elemen-elemen eksterior rumah sudah memudahkan proses desain dan eksekusinya. Walau tidaklah seperti omongan belaka, pastinya kita bisa menyesuaikan desainnya sesuai budget yang dimiliki.
 
HAL-HAL PENTING DALAM DESIGN EKSTERIOR

Berikut merupakan beberapa elemen penting dalam design eksterior:

  1. Elemen arsitektur : dinding, jendela, pintu, atap, kolom, dan sebagainya. Perlu diperhatikan disini juga perihal perpaduan warna cat. Begitu pula dengan pemilihan jendela, pintu, atap yang tepat (pertimbangkan pula saluran air hujannya), selain fungsional juga tidak melepas nilai-nilai estetikanya. Terkhusus jendela mesti tepat, dengan mempertimbangkan masuknya cahaya serta sirkulasi udara ke dalam ruangan.
  2. Elemen Konstruksi : pintu gerbang dan carport. Jangan sampai elemen-elemen eksterior rumah yang diterapkan menghalangi fungsi dan estetika dari elemen lainnya. Terkhusus bila memakai pintu gerbang diusahakan yang asik nan etis, tanpa melepas nilai elegannya dengan bermain warna yang beda.
  3. Landscape : penerangan luar, teras, pagar, kolam, tanaman, dan area olahraga. Pencahayaan jadi prioritas disini, dengan adanya pencahayaan yang baik, eksterior rumah bisa tampil lebih menarik karena pencahayaan ini membantu meng-highlightelemen-elemen arsitektur tertentu. Selain itu pencahayaan eksterior rumah juga berfungsi menyamankan dan mengamankan penggunaan bangunan itu sendiri.

BEBERAPA BAGIAN YANG DIRANCANG DALAM DESAIN EKSTERIOR

  1. Desain ubin lantai, bila teras rumah menggunakan ubin
  2. Design dan pewarnaan pintu, jendela serta ventilasi rumah
  3. Desain atap rumah
  4. Warna cat tembok
  5. Pencahayaan luar bangunan
  6. Desain pagar, beserta warna catnya
  7. Penempatan garasi
  8. Penataan taman atau tanaman luar rumah
  9. Desain kolam ikan
  10. Desain kolam renang

TIPS MENDESAIN EKSTERIOR RUMAH

Memang tak ada jaminan mendesain eksterior rumah dengan tangan sendiri bisa menghasilkan karya yang bagus, terlebih anggaran yang terbatas, kecuali memang memiliki ketrampilan dalam hal seni bangunan. Mengingat eksterior adalah hal utama bagaimana seseorang pertama kali melihat sebuah bangunan. Ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat, diantaranya:

1. Mencari referensi desain di internet
Bila luas rumah tidak terlalu besar, desain minimalis bisa menjadi opsi yang tepat.

2. Konsultasi ke orang yang sudah membangun rumah
Terlebih konsultasi ke mereka yang sudah memiliki rumah dan tinggal sudah beberapa tahun, dengan demikian orang tersebut mengetahui kekurangan dan kelebihan dari rumahnya.

3. Gambarlah desain eksterior hasil kreasi Anda
Bisa digambar manual, Photoshop, 3D MAX , dll dengan menyertakan ukuran setiap bangunan untuk memperlancar proses pembangunannya.

4. Bandingkan dengan desain eksterior lainya
Ini untuk bahan evaluasi terkhusus bilamana ada hal yang kurang, karena jika sudah jadi ternyata kurang berkenan, hal ini cukup membuang energi, terlebih bila dikerjakan ulang.

5. Konsultasi anggaran ke pihak terkait
Bisa juga sharing langsung ke tukang untuk mendeteksi dan mencocokkan anggaran. Bila ingin memakai jasa desain, bisa juga menyewa jasa arsitektur rumah, walau mahal tapi hasil bisa lebih maksimal, karena mereka mempunyai banyak pengalaman dengan ratusan desain yang bisa mengikuti budget.

 

Baiklah, artikel desain eksterior kali ini kiranya cukup bermanfaat bagi kawan-kawan PropertiMakmur.id, kurang lebihnya mohon maaf, terimakasih telah berkunjung, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare

WhatsApp chat