Artikel

PropertiMakmur.id

Interior dan Desain Interior Sederhananya Adalah ?

INTERIOR DAN DESAIN INTERIOR SEDERHANANYA ADALAH ?
Interior, design interior, design interior rumah, design interior villa, desainer

Propertimakmur.id 10/09/2019, 21.00 WIB

Penulis : Makmur Ismail Saleh  I  Editor : Tim Properti Makmur

 

Malang, Propertimakmur.id – Salam. Halo kawan-kawan PropertiMakmur.id yang mbois, sehat wal afiyat bukan? Hehee. Dalam keseharian, terlebih di dalam rumah bilamana bersama keluarga atau kerabat, kita sering mendengar bahkan membahas perihal interior atau mungkin lebih popular dengan desain interior. Apa jangan-jangan belum pernah? Lha seringkali berkunjung ke rumah kerabat suka nglirik-nglirik isi ruangannya gitu, hehee. Kali ini tim Properti Makmur memaparkan artikel Interior dan desain interior, bukan Inter Milan lho ya, apalagi Arema, hehee, fokus pembahasan dunia property ya, hehee.

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI, interior adalah bagian dalam gedung (ruang dan sebagainya); dan pengertian lainnya adalah tatanan perabot (hiasan dan sebagainya) di dalam ruang dalam gedung dan sebagainya. Sedangkan desain berarti kerangka bentuk; rancangan, dalam arti lain juga diartikan motif bangunan.

Jadi desain interior dapat diartikan sebagai perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam bangunan. Bidang keilmuan ini bertujuan untuk menciptakan suatu lingkungan binaan (ruang dalam) yang nyaman, fungsional, rapi dan indah beserta elemen-elemen pendukungnya, baik fisik maupun nonfisik sehingga kualitas kehidupan manusia yang berada didalamnya menjadi lebih baik. Karena memenuhi kebutuhan dasar kita akan naungan dan perlindungan, mempengaruhi bentuk aktivitas dan memenuhi aspirasi kita dan mengekspresikan gagasan  yang menyertai tindakan kita, disamping itu sebuah desain interior juga mempengaruhi pandangan, suasana hati dan kepribadian kita.

 METODE-METODE DALAM DESAIN INTERIOR

Secara umum, ada beberapa metode yang biasa digunakan dalam desain interior, antara lain:

  • Explosingyaitu mencari inspirasi dengan berpikir secara kritis untuk menghasilkan suatu desain yang belum pernah diciptakan.
  • Redefiningyaitu mengolah kembali suatu desain agar menjadi bentuk yang berbeda dan lebih baik.
  • Managingyaitu menciptakan desain secara berkelanjutan dan terus-menerus.
  • Phototypingyaitu memperbaiki dan atau memodifikasi desain warisan nenek moyang.
  • Trendspottingyaitu membuat suatu desain berdasarkan tren yang sedang berkembang.

Dalam dunia desain interior, kita memiliki peluang untuk memaksimalkan tiga dimensi ruang, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Tiga dimensi ini yang perlu kita perhatikan terlebih dahulu sebelum memasukkan instrumen-instrumen lain yang akan melengkapi dan menghiasi ruangan tersebut.

HAL-HAL PENTING DALAM DESAIN INTERIOR

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam design interior, antara lain :

1. Pencahayaan

Peranan utama dalam pencahayaan baik yang alami maupun buatan adalah secara fungsional untuk mengenali bangunan dan sekitar. Pencahayaan yang tepat akan membantu indera penglihatan kita untuk mengidentifikasi ruangan, benda-benda, arsitektur serta meningkatkan kualitas kenyamanan dan estetika bangunan dan ruang. Selain itu pencahayaan juga mempengaruhi atmosfer ruang, mood pengguna dan mendukung fungsi ruang

2. Pola

Dalam desain interior, Pola adalah desain dekoratif yang dipergunakan secara berulang. Pola juga dapat disebut sebagai susunan dari sebuah desain yang sering ditemukan dalam sebuah objek. Motif garis horizontal akan memperluas kesan ruangan, sedangkan motif garis vertikal akan meninggikan kesan ruangan. Termasuk juga pola dalam pengaturan lantai ruangan.

3. Keharmonisan

Yaitu suatu ruangan dianggap sebagai suatu kesatuan dimana semua elemen yang ada saling melengkapi, berkesinambungan satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan keseimbangan dalam komposisinya. Dan pastinya ini adalah hasil dari pertimbangan bentuk ruang, bidang, bahan material, furniture, dll.

4. Detail

Detail adalah hal hal yang terperinci yang akan diterapkan pada suatu desain interior misalnya pemilihan furniture serta tata letaknya, sakelar, tata cahaya ruang , letak pot bunga dan lainnya yang akan menambah nilai suatu ruang.

5. Warna

Warna pada desain interior berpengaruh terhadap mood dan suasana ruang. Warna-warna yang soft akan cenderung menciptakan suasana ruang yang menenangkan, sedangkan warna-warna cerah akan memberikan suasana ruang yang menyegarkan. Bisa juga bermain warna lewat barang-barang dekoratif atau pemanis ruang sebagai pasangan warna, contoh: vas, lukisan, tanaman hias, dsb (setting additional).

6. Tekstur

Tekstur adalah nuansa,penampilan, atau konsistensi permukaan suatu zat. Tekstur juga berkaitan dengan material dan bahan yang digunakan.

7. Aksen Daya Tarik Ruangan

Bisa satu atau lebih. Misalnya aksen daya Tarik pada ruangan adalah jendela besar yang ada di ruangan, perapian atau bisa juga lukisan. Pemberian warna atau detail dan bentuk tertentu juga dapat dijadikan sebagai vocal point.

 

TIPS MENDESAIN INTERIOR RUANGAN

1. Pilih Tema

Jika belum ada pandangan perihal tema, mencari referensi di internet dan konsultasi ke orang yang berpengalaman menjadi hal yang wajib, bisa jadi dengan mengeprint gambar dan modelnya atau bias juga mencoba menggambarnya. Bilamana dibingungkan soal memilih tema warna ruangan, sebaiknya pilih palet dengan warna dasar fleksibel yang bernuansa lembut, dingin dan hangat sesuai dengan perubahan tren maupun musim. Contoh warna putih, bebatuan atau krem sebagai warna tema dasar. Apabila warna dasar sudah ditentukan, tinggal mengkombinasikan warna penghias sesuai selera.

2. Pahami Selera

Memahami selera sendiri dan tidak mudah terpengaruh banyak hal dari luar dalam desain interior rumah merupakan hal terpenting karena mengakibatkan penghuni nyaman walau sudah tinggal selama bertahun-tahun. Sesudah mengetahuinya, barulah bisa memulai merealisasikan desainya.

3. Tata Ruangan Secara Bergantian

Menata rumah secara keseluruhan akan menjadi lebih sulit untuk dikerjakan tanpa bantuan konsultan / kontraktor. Maka sebaiknya, penataan rumah dilakukan secara bergantian untuk tiap ruangan sehingga penataan rumah dapat berjalan dengan lebih fokus dan teratur serta efisien.

4. Pilih Furniture Fungsional dan Estetis

Farus dipilih berdasarkan fungsinya, terlebih memiliki nilai keunikan dan estetika. Furniture yang lebih fungsional pastinya akan memiliki manfaat lebih besar. Akan lebih baik lagi jika memilih furniture yang multifungsi nan indah sehingga lebih efisien karena akan dapat menyisakan banyak ruang serta tidak memerlukan banyak barang untuk pengindah interior rumah lagi.

5. Singkirkan Benda yang Tidak Fungsional

Selain tidak berguna, benda yang kurang fungsional dapat membuat rumah menjadi terlihat penuh, sempit dan mengurangi nilai estetikanya.

6. Gunakan Hiasan pada Beberapa Sudut Ruangan

Hiasan seperti lukisan, pot atau vas bunga dapat berfungsi sebagai aksen bagi ruangan di rumah. Pastikan juga hiasan yang dipilih sesuai dengan tema tiap ruangan.

7. Hindari Membuat Tema-Tema Pada Ruangan

Dengan banyaknya tema membuat hunian terlihat sangat membosankan, terlebih bila suatu ketika ada tema interior yang ternyata tidak lagi update. Sebagai solusinya, gabungkan antara gaya modern dan tradisional agar terkesan selalu update dan tak lekang waktu.

8. Pastikan Kebutuhan Cahaya dan Ventilasi Cukup

Ruangan yang didesain sedemikian indahnya akan menjadi sesak dan gelap karena kurangnya pencahayaan dan sirkulasi udara. Jangan juga tutupi ventilasi dan jendela dengan furniture besar seperti lemari, karena ruangan bisa menjadi kurang nyaman.

9. Gunakan Gudang atau Ruang Penyimpanan

Dengan menggunakan gudang untuk menyimpan barang-barang yang jarang dipakai, rumah akan menjadi lebih rapi. Penggunaan gudang juga akan membuat barang-barang menjadi tidak berantakan sehingga membuat tiap ruangan di rumah dengan desain minimalis lebih luas.

10. Persiapkan Untuk Perawatan dan Renovasi Kecil

Terkhusus ruangan dan barang-barang, pastinya perlu dirawat dan dibersihkan dengan rutin. Selain untuk keawetannya juga kerapian dan keindahan.

Pada dasarnya, desain interior merujuk ke karakter, kebutuhan, selera, budget dan standarisasi kenyamanan pemilik atau penggunanya. Aktivitas mendesain interior dan mendekorasi rumah minimalis akan menjadi lebih mudah dan efektif jika sesuatunya sudah diperhitungkan/direncanakan dengan benar, tidak perlu mahal. Pastinya hasilnya juga dapat dinikmati tanpa harus terlalu sering dibenahi, sehingga membuat penghuni aman, nyaman dan segala aktifitas terkusus didalam rumah terbantu dengan maksimal.

So, monggo berkreasi saja, pastikan desain interior yang dibuat membantu aktifitas kita harian, membuat kita nyaman, terlebih lagi membiaskan keindahan dan kenyamanan ke orang lain. Dan anjuran untuk kawan-kawan PropertiMakmur.id yang perlu diperhatikan, jangan sampai memaksakan diri untuk mendesain diluar kemampuan budget kita, ada baiknya konsultasi, sharing dan mencari rujukan yang akurat agar mendapatkan kreasi desain interior yang berkualitas dengan budget yang cukup hemat. Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare

WhatsApp chat