Artikel

PropertiMakmur.id

Arsitektur Adalah ? Simak Pembahasan Dunia Properti Kali Ini

ARSITEKTUR ADALAH ? SIMAK PEMBAHASAN DUNIA PROPERTI KALI INI
Arsitektur rumah, arsitektur villa, arsitektur kantor, arsitektur gedung, arsitek

Propertimakmur.id 09/09/2019, 21.00 WIB

Penulis : Makmur Ismail Saleh  I  Editor : Tim Properti Makmur
 

Malang, Propertimakmur.id – Salam. Halo kawan-kawan PropertiMakmur.id yang Budiman (Budi adalah a man, ibu Budi adalah a woman dan perumahan rumah keluarga Budi hasil beli di Https://makmurproperty.com agency, oh man, just kidding please, hehee. Ok, balik lagi sharing propertinya, kali ini Tim Properti Makmur memaparkan artikel tentang arsitektur yup, karena membahas properti/property, real estate, konstruksi bangunan, rumah perumahan, apartemen, villa, kos-kosan dan sejenisnya pasti akan membahas juga perihal arsitektur/architecture. Barangkali ada yang belum tahu apa arsitektur itu secara global, mari kita bahas, sudah disiapkan wedhang kopinya?

Arsitektur berasal dari bahasa Latin architectus dan dari bahasa Yunani: architekton (master pembangun) yang digabung dari dua kata, arkhi (ketua) + tekton (pembangun, tukang kayu). Merujuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), (1) arsitektur adalah seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan, jembatan, perumahan, dan lain sebagainya; (2) metode dan gaya rancangan suatu konstruksi bangunan. Karya arsitektur sering dianggap sebagai barometer kemajuan, symbol identitas budaya dan karya seni. Jika arsitekturnya maju, maka peradaban tersebut dianggap maju pula.  Dan arsitektur seharusnya mencakup pertimbangan fungsi, estetika, dan psikologis. Dan prioritas dari 3 nilai tersebut adalah fungsi, dapat dikatakan pula bahwa di dalam nilai fungsi itu sendiri sudah mencakup unsur estetika dan psikologis.

Seorang yang ahli dibidang ilmu arsitektur ini disebut arsitek. Lingkup pekerjaan seorang arsitek sangat luas, mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. Karenanya, lebih tepat mendefinisikan arsitek sebagai seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau lingkungan binaan. Bisa diartikan lebih umum lagi, arsitek adalah sebuah perancang skema atau rencana, kurang lebihnya seperti itulah, lebih jelas dan detailnya bisa konsultasi langsung ke arsitek-arsitek terdekat di lingkungan kawan-kawan Propertimakmur.id, atau bisa juga searching di mbah Google kesayangan kita, hehee.

Kembali ke arsitektur, disiplin ilmu ini sangatlah terkait dengan dengan disiplin ilmu-ilmu lainnya; filsafat, sejarah, budaya, sosiologi, matematikasainsseniteknologihumaniora, interior, eksterior, landscaping dan lain sebagainya. Terlebih globalisasi membuahkan adanya peningkatan kompleksitas bangunan yang mengakibatkan arsitektur menjadi lebih multi-disiplin daripada sebelumnya. Terlepas banyak instrument yang terkait dengan arsitektur, pastinya jangan sampai efek global mengikis identitas kita sebagai anak bangsa dengan berpatokan penuh dengan arsitektur di luar negeri sana.

Sekian lama pembangunan-pembangunan terkhusus pada daerah-daerah strategis di negeri ini didominasi model arsitektur Eropa (Belanda), cuma untuk saat ini banyak bangunan-bangunan, baik rumah, perumahan, universitas, dan lain-lain di Indonesia tengah diramaikan dengan kembali hadirnya arsitektur dalam negeri, yakni arsitektur Nusantara.

Indonesia oleh UNESCO diakui dan ditetapkan sebagai negara dengan peninggalan budaya paling banyak. Tercatat 570-an rumah adat yang tersebar di 17.000-an pulau. Ada Joglo sebagai rumah adat Jawa (rumah-rumah di kota Malang berkonsep Joglo masih sering ditemukan), rumah Gadang Sumatra Barat, rumah Badui Banten, rumah Buton Malige Sulawesi Tenggara, rumah Baileo Maluku, dan lain-lain. Belum lagi membahas bangunan-bangunan megah peninggalan nenek moyang kita, sebut saja diantaranya candi Borobudur yang juga ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Dimana kita bisa buktikan dan sekaligus kita amati bahwa begitu maju dan berkualitasnya arsitektur negeri ini di kala itu, terlepas saat ini banyak dari kita lebih suka arsitektur luar negeri, iyakan? Hehee.

Globalisasi memberikan pengaruh cukup kuat ke dalam arsitektur di negeri ini, bukan hanya kepada pola pikir arsiteknya, tapi juga kepada masyarakat pada umumnya. Arsitektur Nusantara memiliki makna di setiap bagiannya, bukan sekedar estetika semata. Ibarat buah kelapa ada isinya, bukan sekedar penampakan kulit semata. Toh siapa juga orang sadar yang mau memakan kulitnya? Dan itulah salah satu identitas yang tidak boleh dihilangkan dalam benak kita.

Semoga pengaruh arsitektur global saat membuat kita menggali kembali identitas dan karakteristik terlebih mindset akan kebangsaan kita sebagai orang Nusantara, dengan tetap memupuk kreatifitas untuk berkreasi dalam mengikuti perkembangan zaman dan pengabdian kita ke Ibu Pertiwi. Tetap semangat semuanya, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare

WhatsApp chat