Artikel

PropertiMakmur.id

Penggunaan Material Kaca

PENGGUNAAN MATERIAL KACA
Interior, design interior kaca, design eksterior kaca, material kaca, kaca rumah
propertimakmur.id 31/01/2020, 13.23 WIB

Penulis: Dian Suhaili I Editor : Tim Properti Makmur

 
Malang, Propertimakmur.id Salam. Halo kawan-kawan PropertiMakmur.id yang mbois, sehat-sehat, kan? Hehee. Anda pasti tidak asing dengan material bangunan yang satu ini. Ya, kaca. Kaca adalah salah satu material bangunan yang banyak digunakan sebagai interior atau eksterior untuk mempercantik tampilan rumah. Kaca seperti yang kita tahu akan menampilkan kesan artistik yang berbeda dibandingkan dengan material bangunan yang lain. Rumah dengan material kaca akan terkesan lebih estetik, mewah, dan elegan. Anda ingin menggunakan material kaca di rumah? Lebih baik Anda perhatikan hal-hal berikut ini.

 

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENGGUNAAN KACA DI RUMAH ANDA
1. Pemilihan Jenis, Penempatan, dan Pemasangan Kaca yang Sesuai

Sebelum menggunakan material kaca, Anda harus mengetahui berbagai jenis kaca yang ada. Jenis-jenis kaca tersebut harus Anda ketahui dan perhatikan dengan baik agar Anda tidak salah pilih dan tidak salah dalam menempatkan kaca nantinya. Penempatan kaca berkaitan dengan daya tahan yang dimiliki kaca itu sendiri. Ada jenis kaca yang tidak sesuai apabila digunakan sebagai eksterior rumah karena perbedaan sifat yang dimiliki setiap jenis kaca. Sebagai contoh adalah kaca bening, karena sifatnya yang transparan dan lumayan tipis membuat kaca bening tidak cocok digunakan sebagai eksterior rumah. Oleh karena itu, jenis kaca harus benar-benar Anda perhatikan sebelum membelinya.

Mengenai pemasangan, terdapat dua cara pemasangan kaca. Pemasangan kaca dapat menggunakan frame dan tanpa frame. Kebanyakan, kaca dipasang dengan frame. Aplikasi kaca dengan frame akan membuat tampilan kaca menjadi lebih kokoh dan rapi. Sedang pemasangan tanpa frame merupakan pemasangan yang agak rumit karena kaca harus ditanam ke dinding. Biaya pemasangan kaca pun juga harus diperhatikan. Ada baiknya apabila Anda memastikan kebutuhan kaca Anda kemudian memilih jenis kaca yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan terakhir menyiapkan budget untuk biaya pemasangan kaca.

2. Cara Merawat dan Menghilangkan Goresan pada Kaca

Penggunaan kaca di sudut rumah akan membuat rumah Anda menjadi unik dan menarik. Namun, ada kendala yang harus diperhatikan dari penggunaan kaca. Lama kelamaan, akan timbul goresan pada kaca Anda. Lalu, apa yang harus Anda lakukan apabila kaca Anda terkena goresan? Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips dan trik untuk menghilangkan goresan pada kaca Anda dengan mudah. Meskipun mudah, namun perawatan tersebut harus dilakukan secara rutin.

Anda dapat menghilangkan goresan pada kaca Anda dengan bahan alami atau bahan yang mudah Anda dapatkan. Bahan-bahan tersebut seperti aseton (cairan pembersih cat kuku), pasta gigi, kentang, koran bekas, cuka, lemon, baking soda, dan lain sebagainya. Cara membersihkannya pun cukup mudah. Anda tinggal mengoleskan atau menyemprotkan bahan yang Anda pilih tepat di goresan/noda pada kaca, kemudian Anda diamkan beberapa menit lalu menggosoknya kembali dengan kain bersih/lap basah. Dengan langkah semudah itu kaca Anda akan bersih dan kinclong seperti semula.

3. Kelemahan dan Kekurangan Kaca

Sebagai material bangunan, kaca memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Namun, yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan baik-baik adalah kelemahan dan kekurangan kaca. Jangan sampai, karena Anda tidak memperhatikan dan mempertimbangkan kelemahan kaca dengan baik-baik, Anda akan menjadi rugi nantinya. Kerugian tersebut dapat Anda antisipasi dengan memperhatikan kelemahan kaca berikut ini:

a. Sifat mudah pecah untuk beberapa jenis kaca

Namun hal tersebut dapat Anda atasi, tergantung bagaimana Anda memilih jenis kaca yang sesuai dengan sudut rumah Anda. Anda harus pintar-pintar memilih jenis kaca yang tepat karena sekali kaca Anda retak atau pecah, Anda tidak dapat memperbaikinya melainkan harus menggantinya.

b. Harga kaca yang relatif mahal

Bagi Anda yang mempunyai budget minim namun ingin menggunakan kaca di sudut rumah Anda, Anda harus mempertimbangkan harga kaca yang relatif mahal jika dibandingkan material bangunan yang lain.

c. Kaca mempunyai kesan yang tipis sehingga tidak tahan dengan getaran dan tidak mampu menahan beban lebih, tidak seperti material bangunan yang lain seperti beton.

 

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan kaca di sudut rumah, ada baiknya Anda mempertimbangkan dan memikirkan baik-baik terkait penggunaan kaca di rumah Anda. Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare

WhatsApp chat