Artikel

PropertiMakmur.id

Membersihkan Rumah Dengan Efektif dan Efisien

MEMBERSIHKAN RUMAH DENGAN EFEKTIF DAN EFISIEN
Rumah bersih, rumah nyaman, ruangan bersih, ruangan nyaman, rumah bersih dan nyaman
Propertimakmur.id 10/10/2019, 21.00 WIB

Penulis : Durrotul Ilmi Nafi’ah  I Editor : Tim Properti Makmur

 

Malang, Propertimakmur.id – Salam. Halo kawan-kawan PropertiMakmur.id yang mbois, sehat wal afiyat bukan? Hehee. Tidak bisa dipungkiri,  kondisi rumah adalah cerminan dari kondisi penghuni rumah. Pancaran hati, mental, kepribadian, mindset dan tingkah laku seseorang akan terlihat jelas dari kondisi rumahnya.

Seseorang yang berkepribadian jelek akan tampak pada rumahnya yang kotor, dimana akan mengakibatkan hama dan bibit penyakit masuk dan bersarang di dalamnya. Biasnya, kesehatan lahir-batin pun akan terganggu. Begitu juga dengan seseorang yang berperikebadian glamor, akan nampak pada kemewahan pada kondisi rumahnya. Padahal rumah secara substansial tidaklah menjurus ke hal-hal yang glamor, belum lagi keribetan dan biaya maintenance rumah yang cukup tinggi.

Bagaimanapun, model, konsep dan type rumah, pada intinya kebersihan dan kerapian rumah tetap selalu dijaga, agar kesehatan lahir dan batin kita juga ikut terjaga.

Cara membersihkan rumahpun perlu diperhatikan, karena membersihkan secara asal, tidak teratur dengan baik juga menyebabkan ketidakbersihan.

Lebih baiknya, dalam pembersihan rumah perlunya kita membuat konsep, susunan pekerjaan dan jadwal membersihkan rumah. Dengan ini proses bersih-bersih akan menjadi lebih mudah dan ringan dan imbasnya kebersihan dan kerapian bisa maksimal.

Ada hal-hal yang bisa dibuat rujukan dalam membersihkan dan merapikan rumah, antara lain:

– KELENGKAPAN ALAT KEBERSIHAN

Membersihkan rumah adalah rutinitas harian untuk itu wajib melengkapi alat-alat/ bahan-bahan kebersihan rumah, seperti sabun, sapu, alat pel, kemoceng, lap, masker, tempat sampah, dll. Untuk pembersihan rumah secara total perlu dibuatkan jadwal berurutan, agar proses pembersihan bisa efektif dan efisien.

– PENEMPATAN ALAT & BARANG
Biasakan untuk menaruh dan menyimpan barang, alat, benda pada tempatnya. Untuk barang-barang yang tidak digunakan simpan pada ruang atau wadah tertentu, atau lebih baiknya bisa dikasihkan ke orang lain atau dijual saja.

– KONDISIKAN TIDAK ADA ANGIN DI DALAM RUMAH

Sebelum membersihkan, pastikan AC, kipas angin, pintu, jendela yang bisa menimbulkan angin dikondisikan off terlebih dahulu agar debu tidak beterbangan sewaktu proses pembersihan.

– BERSIHKAN DARI ATAS KE BAWAH, DARI DALAM KE LUAR

Setelah alat-alat kebersihan disiapkan (dianjurkan pakai masker), awali membersihkan dari atas ke bawah, dari plavon, sudut-sudut atas ruangan, hiasan-hiasan dinding, jendela, gorden, furniture sampai ke lantai. Untuk membersihkan plavon atau tempat-tempat yang sulit, jangan biasakan untuk memaksa dengan loncat/ jinjit, dll. Pakai tangga lipat atau kursi untuk alat tambahan agar proses lebih mudah dan ringan. Setelah di dalam rumah selesai dibersihkan, barulah membersihkan luar rumah seperti teras, garasi, taman, dll.

– HEMAT ENERGI

Pakai sabun, pewangi, cairan/ bubukan pembersih secukupnya, pemakaian berlebihan malah menyebabkan bau yang menyengat dalam ruangan dan mengganggu pernafasan. Belum lagi pembilasan juga tidak memerlukan waktu lama dan air yang banyak. Begitu pula pemakaian air dan listrik. Gunakan seperlunya, matikan yang tidak perlu. Hindari pemborosan dalam hal apapun juga.

– MEMBERSIHKAN FURNITURE

Untuk bahan furniture yang terbuat dari kayu utuh, bisa memaksimalkan tepung sagu/ maizena dalam membersihkan dan mengkilapkanya. Bisa juga dengan air teh yang basi, air cuka, biji kemiri yang dibakar atau bisa juga dengan semir sepatu. Untuk membersihkan bekas stiker yang biasa nempel di jendela, lemari, dll bisa memakai sedikit minyak goreng dan digosok pakai kain yang lembut. Bila sebatas debu-debu yang menempel cukup dibersihkan dengan kemoceng/ kain lap yang basah.

– MEMBERSIHKAN KARPET

Untuk karpet, bersihkan dengan vacuum cleaner atau sapu lidi lebih dahulu. Kemudian lipat menjadi dua, sisi atas karpet yang berbulu saling bertemu. Setelah itu gulunglah karpetnya. Hal ini untuk mencegah debu pada bagian bawah karpet tidak menempel ke bagian yang berbulu. Baru kemudian bersihkan lantai di bawahnya. Bila karpetnya sangat kotor, lebih praktisnya manfaatkan jasa Loundry di sekitar.

– MEMBERSIHKAN LANTAI-LANTAI RUANGAN

Sekitar 75-80 persen kotoran di dalam rumah kita berasal dari luar. Harus rajin membersihkan lantai terutama bagian ruang tamu, teras, garasi dan lain-lain. Selanjutnya letakkan keset kaki di bagian luar dan dalam di setiap pintu masuk untuk meminimalisir kotoran yang masuk dari luar.

KAMAR MANDI BERSIH & HARUM

Kita dapat menggunakan pembersih khusus kamar mandi untuk melenyapkan noda dan lumut di bak/ lantai kamar mandi. Jangan biasakan menaruh/ menggantung baju-baju kotor terlalu lama, begitu pula alat-alat atau benda-benda yang tidak berguna dikondisikan agar tidak ditaruh di kamar mandi. Dianjurkan untuk menaruh kamper/ pengharum kamar mandi dan tempat sampah diluar kamar mandi.

Setelah di dalam rumah selesai dibersihkan dan dirapikan, barulah membersihkan dan merapikan luar rumah. Dan dalam pembersihan rumah ini alangkah baik dan mudahnya bila dikerjakan secara team work dalam keluarga. Musyawarahkan dalam keluarga untuk bagi tugas, dll. Selamat beres-beres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare

WhatsApp chat