Artikel

PropertiMakmur.id

4 Langkah Membuat Ruang Makan Terbuka

4 LANGKAH MEMBUAT RUANG MAKAN TERBUKA
Ruang makan, desain ruang makan, interior, desain interior, konsep ruang makan
Propertimakmur.id 21/11/2019, 10.49 WIB

Penulis : Laili Wulansari I Editor : Tim Properti Makmur

 

Malang, Propertimakmur.id – Salam. Halo kawan-kawan PropertiMakmur.id yang mbois, sehat wal afiyat bukan? Hehee. Kali ini kita bahas langkah membuat ruang makan yang terbuka ya. Penempatan ruang makan di area terbuka seperti halaman dapat menghemat ruangan di dalam rumah sekaligus menciptakan ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang nyaman. Agar ruang makan terbuka tampak indah, yuk lakukan tips berikut ini:

1. Material Lantai

Pilih lantai yang tahan terhadap cuaca dan mudah perawatannya. Ada beberapa material yang dapat Anda gunakan, misalnya keramik, batu alam, dek kayu, dek papan semen, dan dek komposit kayu plastik. Untuk keramik harganya lebih terjangkau dan perawatannya pun mudah, apalagi motifnya semakin beragam. Sedangkan batu alam sangat kuat menahan beban, namun Anda butuh coating agar tidak cepat berlumut permukaannya. Sementara lantai kayu memang lebih indah dilihat namun jika salah memilih jenis kayunya, kayu akan mudah rapuh serta Anda juga perlu melapisinya dengan antirayap. Dek papan semen jauh lebih tahan lama dan bentuknya pun dapat dipercantik menyerupai kayu. Begitu pula dengan dek komposit kayu plastik yang tentunya antirayap.

2. Pilih Furniture Outdoor

Jangan samakan furniture di luar rumah dengan furniture untuk di dalam ruangan. Berhubung letaknya di luar, maka meja dan kursinya berisiko mudah rusak akibat terpaan sinar matahari dan air hujan. Pilih furnitur seperti rotan sintetis, kayu solid, atau logam yang cenderung lebih awet.

3. Cahaya Harus Terang

Area makan yang terang jauh lebih menyenangkan dan nyaman dibandingkan yang remang-remang. Tambahkan lampu gantung, atau lampu standing di pojok ruangan. Untuk menambah nafsu makan, bisa tambahkan pengharum ruangan beraroma natural seperti kayu manis. Caranya, Anda cukup memanggang kayu manis di atas oven hingga aromanya harum dan tercium ke seluruh ruangan.

4. Tanaman Dekoratif

Pastinya Anda harus mempercantik ruang makan sekaligus halaman Anda ini. Buatlah seakan-akan Anda tengah piknik di ruang terbuka. Untuk itu, jangan ragu memperindah ruang makan dengan tanaman bunga, misalnya dengan meletakkan pot di pojok ruangan. Bahkan lebih seru jika ada kolam mungil di sudut ruangan yang suara percikan airnya menenangkan Anda.

Selamat berkarya dan berkreasi,  salam satu bangsa, NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare

WhatsApp chat