Artikel

PropertiMakmur.id

Jenis Material Atap Untuk Hunian Anda

JENIS MATERIAL ATAP UNTUK HUNIAN ANDA
Eksterior, design eksterior, design atap rumah, jenis-jenis atap, material atap
propertimakmur.id 28/01/2020, 19.33 WIB
 
Penulis: Dian Suhaili I Editor : Tim Properti Makmur

 
Malang, Propertimakmur.id- Salam. Halo kawan-kawan PropertiMakmur.id yang mbois, sehat-sehat kan? Hehee. Bahasan kali ini mengenai jenis material atap. Atap merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rumah. Mengingat fungsi atap adalah sebagai pelindung, pemilihan material atap pun harus diperhatikan agar rumah dapat terlindungi dengan baik dan tahan dalam jangka panjang serta segala cuaca. Selain itu, pemilihan material atap yang tepat juga dapat menambah keindahan tampak luar hunian Anda. Lalu apa saja material atap yang dapat Anda pilih agar hunian Anda terlindungi dengan baik namun tetap estetik? Simak penjelasannya di bawah ini.

JENIS-JENIS ATAP RUMAH

Berikut uraian jenis-jenis atap yang dapat Anda pilih untuk rumah Anda, yaitu:

  1. Atap Genteng dari Tanah Liat

Material atap dari tanah liat merupakan material paling populer dan yang paling banyak dipilih di Indonesia. Atap ini biasa digunakan untuk rumah-rumah, baik di perkotaan maupun pedesaan. Atap genteng tanah liat diproduksi dengan cara pembakaran atau press. Atap berbahan tanah liat ini memiliki berbagai bentuk dan warna yang dapat dipilih sehingga rumah Anda tampak cantik dari luar.

Selain harganya yang relatif murah dan terjangkau, keunggulan lain dari atap ini adalah mudah dicari, kokoh dan kuat ketika diinjak, tahan lama, mudah dipasang, serta aman dari serangan serangga. Meskipun pemasangan atap relatif mudah, namun atap jenis ini tetap membutuhkan material lain sebagai kerangka, yaitu kayu.  Selain itu, atap jenis ini juga membutuhkan cat sebagai pelapis agar atap tidak mudah berjamur dan berlumut. Di samping itu, dibutuhkan ketelitian dalam pemasangan atap agar terhindar dari kebocoran dan tidak mudah melorot.

  1. Atap Genteng Beton

Atap genteng beton memiliki bentuk seperti atap genteng tanah liat. Atap ini biasa digunakan untuk rumah dengan desain minimalis modern. Ada berbagai bentuk atap genteng beton, seperti atap bergelombang dan atap datar. Selain estetik, atap genteng beton pun mempunyai bentuk yang kokoh. Cetakan atap genteng beton menyerupai atap genteng tanah liat, namun atap genteng beton lebih berat.

Mengenai kualitas dan keawetan dari atap genteng beton tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya kokoh, atap genteng beton juga tahan terhadap segala cuaca termasuk cuaca ekstrem, kebakaran, pelapukan, serangan-serangga serta perawatan yang minim. Karena kualitas dan keawetan tersebut, tentunya harga atap genteng beton relatif lebih mahal dibandingkan atap genteng dengan material yang lain. Pemasangan atap genteng beton pun tergolong lama mengingat bobot atap genteng beton yang berat.

  1. Atap Genteng Keramik

Apabila ingin memberikan kesan mewah pada atap, Anda dapat memilih atap dengan material keramik. Meskipun disebut keramik, namun bahan utama pembuatan atap ini adalah tanah liat. Perbedaannya adanya pelapisan pewarna glatzur pada tahap finishing atap ini. Atap genteng keramik juga memiliki warna yang beragam yang membuat rumah Anda semakin estetik dan mewah. Kesan mewah tersebut disebabkan oleh kilau yang ada di atap genteng keramik.

Anda tak perlu khawatir karena warna yang ada pada atap genteng keramik akan tahan lama. Hal itu disebabkan karena proses pembuatan atap genteng keramik adalah dengan cara dibakar pada suhu yang sangat tinggi. Warna yang Tahan lama tersebut setara dengan harga atap genteng keramik yang relatif mahal. Pemasangan atap genteng keramik pun harus dengan rangka kayu dan beton yang kemudian dikunci dengan mur baut. Selain itu, dalam proses pemasangan atap genteng keramik juga harus diperhatikan kemiringannya agar air hujan mengalir lancar dan atap tidak lepas. Minimum kemiringan adalah 30 derajat.

  1. Atap Genteng Kaca

Sesuai dengan namanya, atap genteng kaca merupakan atap genteng yang tersusun dari material kaca. Bentuk dari atap genteng kaca sama dengan atap genteng yang lainnya, namun atap genteng kaca dapat difungsikan sebagai ventilasi karena sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah dengan mudah.  Apabila Anda memilih atap genteng kaca, Anda juga dapat meminimalisir kelembapan dinding yang berlebih yang menyebabkan dinding berjamur.

Karena sinar matahari mudah masuk, tentu saja Anda tidak dapat memasangnya di seluruh bagian rumah atau akibatnya adalah suhu udara rumah Anda akan menjadi panas ketika matahari sedang bersinar terik. Bahan utama yang mudah pecah membuat atap genteng ini memerlukan kehati-hatian pada saat memasangnya. Mengenai harga, atap genteng kaca mempunyai harga yang masih terjangkau meskipun lebih mahal dari atap genteng tanah liat dan beton.

  1. Atap Genteng Metal

Atap genteng metal merupakan atap genteng yang menggunakan perpaduan dari bahan logam anti karat atau baja lapis ringan. Bahan logam tersebut seperti aluminium, besi, tembaga, dan seng. Atap genteng metal biasa digunakan pada bangunan sekolah atau bengkel. Bentuk dari atap genteng metal adalah seperti lembaran seng yang ringan. Bobot yang ringan tersebut menjadi salah satu kelebihan dari atap genteng metal. Karena berbahan logam anti karat, maka atap genteng metal termasuk atap yang tahan dengan cuaca, terutama hujan.

Atap genteng metal juga mempuyai keunggulan anti pecah, anti bocor, tahan api, tahan angin, serta fleksibel untuk dipasang di berbagai bagian. Apabila Anda menginginkan hunian yang sejuk, maka atap genteng metal adalah pilihan yang tepat. Atap genteng metal memiliki efek memantulkan tanah yang membuat hunian menjadi sejuk. Namun, yang harus diperhatikan adalah Anda harus merogoh kocek lebih dalam karena harga atap genteng metal yang mahal. Dalam pemasangannya pun Anda juga harus memiliki ketelitian yang tinggi agar hasil tampilan atap rumah Anda terlihat cantik.

 
Nah, 5 jenis material atap di atas dapat kawan-kawan PropertiMakmur.id pilih untuk hunian Anda. 5 jenis material di atas juga merupakan jenis material yang paling populer dan sering digunakan untuk rumah-rumah di Indonesia. Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare

WhatsApp chat