Artikel

PropertiMakmur.id

DESIGN MEZZANINE MEMBUAT RUMAH MENJADI UNIK

DESIGN MEZZANINE MEMBUAT RUMAH MENJADI UNIK
Interior, design interior, desain interior rumah, design interior ruangan, design mezzanine
propertimakmur.id 26/10/2019,21.00 WIB

Penulis: Dian Suhaili I Editor : Tim Properti Makmur

 

Malang, Propertimakmur.id- Salam. Halo kawan-kawan PropertiMakmur.id yang mbois, sehat wal afiyat bukan? Hehee. Banyak yang menginginkan rumah yang unik, nyaman, dan aman. Nah, salah satu design interior yang bisa menjadi rekomendasi rumah masa depanmu adalah menggunakan desain mezzanine.

Apa sih desain mezzanine itu? Yang dimaksud desain mezzanine adalah tempat atau ruang tambahan yang terletak di antara lantai dan plafond. Luas hunian yang kian terbatas terkadang menjadi kendala pemilik rumah dalam mewujudkan hunian impiannya. Dengan luas rumah yang sempit, pemilik rumah harus bersiasat bagaimana cara mendesain hunian yang nyaman untuk ditinggali. Namun, dengan desain yang tepat, hunian mungil bisa jadi tampak luas serta tampil estetis.

Dalam teori arsitektur, mezzanine biasanya tidak dihitung sebagai sebuah lantai tersendiri. Keberadaan mezzanine umumnya digunakan untuk memanfaatkan ketinggian ruang tertentu, serta untuk berbagai aktivitas tambahan yang tidak membutuhkan ketinggian penuh sampai plafon.

Mezzanine bisa diterapkan di rumah bertingkat maupun yang tidak bertingkat, tergantung dari desainnya. Uniknya, penambahan lantai mezzanine di dalam rumah, bisa membuat rumah seolah-olah lebih luas. Padahal, sebenarnya hanya diberi penambahan ruang di antara lantai bawah dan lantai atas. Penambahan mezzanine dianggap sangat tepat diterapkan pada hunian mungil. Sebagai inspirasi, berikut beberapa desain mezzanine di dalam rumah yang bisa kawan-kawan PropertiMakmur.id terapkan pada hunian anda.

 

CONTOH BEBRAPA RUANGAN YANG MENGGUNAKAN DESIGN MEZZANINE

Dibawah contoh ruangan yang mengguanakan design mezzanine yaitu:

  1. Mezzanine di Atas Dapur

Dapur pada umumnya tidak membutuhkan ketinggian penuh sampai plafon. Dengan begini, anda bisa memanfaatkan ruang yang tersisa di atas dapur. Pada desain mezzanine di rumah ini, bagian atas dapur dimanfaatkan sebagai kamar tidur.

Kamar tidur juga pada dasarnya tidak membutuhkan ketinggian penuh sampai kelangit-langit sehingga dapat digabungkan secara vertikal dengan fungsi lain di bawah atau di atasnya. Agar kedua ruang terlihat terang, aplikasikan skylight di atas kamar tidur. Gunakan juga warna-warna yang cerah agar ruang terlihat lapang.

 

  1. Mezzanine sebagai Area Kerja

Bila luas rumah sudah tidak memungkinkan lagi untuk didesain sebagai area kerja, anda bisa memanfaatkan desain mezzanine sebagai solusinya. Seperti pada hunian di atas, area kerja dibangun di salah satu bagian rumah. Tambahkan tangga dengan desain selaras agar desain mezzanine tampak lebih menarik.

Keberadaan ruang kerja di lantai mezzanine juga dapat menjadikan suasana menjadi lebih tenang dan tentunya anda akan mendapatkan konsentrasi lebih untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Ruang kantor di lantai mezzanine dapat didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi fungsional dan nyaman. Tambahkan dekorasi yang anda sukai agar menjadi lebih nyaman seperti gambar di atas.

 

  1. Mezzanine sebagai Perpustakaan Mini

Bukan hal yang mustahil menghadirkan perpustakaan mini di kamar si kecil. Dengan desain mezzanine, anda bisa mendesain perpustakaan sekaligus area main si kecil di dalam kamarnya. Agar aman untuk si kecil, gunakan pembatas dengan desain yang kuat.

 

  1. Ruang Keluarga

Jika lebar mezzanine cukup luas, Anda bisa mengubahnya menjadi ruang komunal atau ruang keluarga yang nyaman. Untuk yang satu ini, pastikan lantai dicor beton supaya kokoh diisi oleh furniture besar dan berat. Perhatikan juga pembatas ruangan yang tebal supaya aman dan terhindar dari resiko kecelakaan. Terlebih jika ada anggota keluarga yang masih berusia balita.

5.    Lorong Memanjang Dengan Lantai Mezanine

Punya masalah dengan desain denah yang membentuk lorong dan terlalu sempit? Siasati dengan mengaplikasikan desain lantai mezzanine. Untuk menghilangkan kesan sempit, buatlah konsep ruang-ruang lantai mezzanine yang lebih terbuka dan juga aplikasikan juga warna-warna terang untuk membuat efek visual yang lebih luas pada rumah dan ruang-ruang sempit di dalamnya.

Tak sulit mengaplikasikan konsep  mezzanine pada ruang sempit di hunian milikmu, bukan? Selain membuat rumah lebih menarik, konsep ini juga solusi terbatasnya lahan.  Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare

WhatsApp chat