Artikel

PropertiMakmur.id

Model Tangga Rumah

DESAIN TANGGA RUMAH
Interior, design interior, model tangga, design tangga, design tangga rumah
propertimakmur.id 26/10/2019, 21.00 WIB

Penulis: Dian Suhaili I Editor : Tim Properti Makmur
 

Malang, Propertimakmur.id – Salam. Halo kawan-kawan PropertiMakmur.id yang mbois, sehat wal afiyat bukan? Hehee.Tangga merupakan penghubung antar lantai di suatu bangunan. Terdapat beragam bentuk dan model yang dapat menjadi pilihan menghiasi rumah. Meskipun demikian pemilihan tangga harus disesuaikan dengan  ukuran rumah. Beberapa model tangga cukup membutuhkan lahan cukup banyak sehingga jika pemilihan tangga kurang sesuai dengan ukuran rumah, maka rumah akan terlihat cukup sempit.

Sekarang ini begitu banyak variasi bentuk tangga rumah, variasi tersebut biasanya adalah modifikasi dari bentuk tangga lurus, tangga melengkung (spiral), sampai tangga melingkar (heliks). Desain-desain tersebut begitu menarik dan mungkin membuat Anda jadi tidak tahan untuk mengaplikasikannya di rumah. Tapi, jangan terbuai dengan bentuknya saja, Anda tetap harus memperhatikan fungsi terhadap keseimbangan bangunan. Berikut merupakan desain tangga yang dapat diaplikasikan dalam hunian anda:

1. Tangga Kontemporer Yang Minimalis

Desain tangga rumah mewah yang satu ini adalah desain tangga yang paling sering dapat ditemukan di rumah atau apartemen mewah. Ciri khasnya adalah pagar tangganya (blauster) menggunakan material kaca. Sedangkan material yang digunakan pada desain pegangan atau railing tangga dan anak tangganya adalah material kayu oak agar tidak licin. Terkadang, ditambahkan ambience lampu pada bagian anak tangganya.

2. Floating Stairs yang Futuristik

Para desainer interior mengatakan bahwa desain tangga rumah mewah berkonsep floating stairs merupakan desain tangga yang dapat membawa desain rumah minimalis ke level yang lebih tinggi. Kesan melayang yang ditampilkan pada desain tangga rumah mewah ini disebabkan oleh peniadaan bagian induk tangga pada struktur desainnya. Sehingga anak tangga berdiri sendiri tanpa ada bagian yang menahannya.

Beberapa model tangga rumah mewah dengan konsep floating stairs diantaranya adalah floating stairs dengan railing yang menggantung, floating stairs dengan railing yang masif, dan floating stairs tanpa railing atau lebih dikenal dengan cantilevered stairs. Pada cantilevered stairs, anak tangga direkatkan ke dinding untuk menjadikan dinding sebagai satu-satunya tumpuan

3. Tangga Tegak

Seringkali disebut tangga monyet. Bahan bangunan yang seringkali dipakai dalam pembuatan tangga tegak ini adalah kayu. Sering dipakai untuk menghubungkan kasur tingkat atau pada loteng. Kelebihan utama dari tangga Sebagian model tangga tegak yang pemasangannya diloteng bisa dilipat dan disembunyikan sedangkan untuk pemasangan di kasur bertingkat tegak dan tidak dapat dilipat.

Kelemahan dari jenis tangga tegak ini adalah hanya dapat dilewati satu orang dalam sekali panjat, serta memerlukan kehati-hatian dalam memijak anak tangganya terlebih bagi anak kecil. Banyak digunakan di tempat tidur atau di loteng rumah, tangga jenis ini memiliki bentuk yang sangat ringkas dan mudah di buat.

4. Tangga Melingkar Yang Transparan

Bosan dengan bentuk tangga lurus atau tangga model L? Tangga rumah mewah dengan konsep spiral bisa memberikan efek estetik yang berbeda pada ruangan rumahmu. Seperti pada tangga rumah mewah yang berbentuk spiral dengan blauster (pagar tangga) dan anak tangganya yang bermaterial kaca. Material stainless steel digunakan sebagai material railing (pegangan tangga) dan tiang penyanggahnya. Ekspresi transparan dari tangga rumah mewah ini dapat menampilkan pesona modern dan elegan pada rumahmu.

Tangga rumah mewah ini dapat ditempatkan pada area void rumah (ruang hampa) di ruangan yang menjadi tempat masuknya cahaya ke dalam ruangan. Menariknya, ketika tangga rumah mewah ini ditempatkan langsung berada di bawah jendela dengan pancaran sinar matahari yang banyak, tangga ini terlihat seperti aurora yang menggantung di langit.

5. Tangga Bercabang Model Y

Tangga model Y adalah tangga yang bercabang. Bentuknya mirip huruf ‘Y’ dengan bordes sebagai pusat tangga. Desain tangga ini biasanya diaplikasikan pada rumah-rumah besar. Tangga jenis ini memakan ruang yang cukup luas bahkan sangat luas untuk menampilkan kesan megah dan mewah. Alurnya, naik dari bawah kemudian pada area peralihan atau bordes, arah tangga berikutnya akan bercabang ke kiri dan kekanan. Biasanya dari lantai 1 ke lantai 2. Jarang ada yang menggunakan untuk step tangga berikutnya karena tangga bentuk ini fungsi estetisnya lebih ditonjolkan. Selain untuk rumah mewah, desain ini biasanya diterapkan di gedung-gedung penting.

Nah, contoh tangga diatas bisa menjadi pilihan anda ketika ingin membuat rumah. Tentunya sesuaikan dengan bentuk rumah ya.  Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare

WhatsApp chat