Artikel

PropertiMakmur.id

Bahan Furniture Rumah Yang Awet

BAHAN FURNITURE RUMAH YANG AWET
Furniture, Interior Design, Furniture Rumah, Furniture Design, Furniture Murah
Propertimakmur.id 16/11/2019, 01:28 WIB

Penulis: Alexandro Prabowo I Editor : Tim Properti Makmur

 
Malang, Propertimakmur.id – Salam, sugeng rawuh kawan PropertiMakmur.id kados pundi pawartosipun? Sehat selalu nggih? Apabila anda ingin membeli/memesan furniture dengan desain yang elegan, akan tetapi disisi lain anda memikirkan bahan apa yang digunakan untuk sebuah furniture? Apakah bahan tersebut awet? Maka dari itu, kali ini Tim Properti Makmur memberikan sedikit informasi mengenai jenis-jenis bahan furniture terbaik yang awet dan tahan air.

Contoh Furniture Rumah

Sumber: http://www.instagram.com/caripropertymurah_yuk/

Mebel atau Furniture merupakan alat perabot rumah tangga yang mencakup semua barang seperti kursi, meja, dan lainnya. Mebel berasal dari kata movable, yang artinya bisa bergerak. Sedangkan kata furniture berasal dari bahasa Prancis fourniture (1520-30 Masehi). Fourniture mempunyai asal kata fournir yang artinya furnish atau perabot rumah atau ruangan. Walaupun mebel dan furniture memiliki arti yang berbeda, tetapi memiliki penunjukan yang sama yaitu meja, kursi, lemari, dan lainnya.

KEGUNAAN MEBEL DAN FURNITURE

Furniture dapat dirasakan fungsinya apabila tidak ada di rumah. Kita akan terpaksa duduk berselonjor, tidur di lantai dan kedinginan, membuka laptop di lantai, pakaian tergeletak di lantai, kaki cepat kesemutan, barang-barang berantakan dan kurang nyaman dalam menjalankan aktivitas di dalam rumah. Terasa bermanfaat apabila furniture membuat rumah kita nyaman untuk beristirahat, bekerja, serta membantu rumah kita menjadi lebih rapi.

Setelah rekan menyimak sedikit mengenai definisi furniture diatas, Tim Properti Makmur akan melanjutkan memberikan sedikit informasi lainnya mengenai bahan terbaik untuk furniture rumah yang awet. Bahan dari furniture tersebut diantaranya adalah:

  1. Kayu Solid
Furniture Rumah

Sumber: Pinterest

Merupakan bahan kayu terkuat yang paling tahan lama dibandingkan kayu olahan, akan tetapi persediaan yang terbatas sehingga bahan baku furniture dari kayu solid terbilang cukup mahal. Butuh ketrampilan khusus dalam proses pengerjaan, pengeringan dengan sempurna harus dilakukan untuk menghindari sifat muai susut pada kayu. Kayu yang sering digunakan di Indoneisa untuk furniture yakni kayu jati, kayu nyatoh, dan kayu sungkai dan ada beberapa jenis lainnya seperti pinus, ramin, mahoni dan cedar.

Kayu jati memiliki banyak peminat dikarenakan kualitas dan ketahanan terhadap cuaca, tahan rayap, serta memiliki serat yang menarik. Jenis kayu ini merupakan jenis kelas satu yang banyak  diolah menjadi furniture yang elegan.

 

  1. Plywood / Multiplex
Triplek Multiplek

Sumber: Pinterest

Merupakan bahan kayu olahan yang biasa kita kenal dengan sebutan tripleks / multipleks. Pembentukan kayu lapis yakni dengan cara merekatkan kayu dengan tekanan tinggi. Kayu lapis ini memiliki macam-macam ukuran mulai 3mm, 4mm, 9mm, dan 18mm, dan memiliki luas sebesar 244 x 122 cm. Ketebalan sebagai penentuan kekuatan dan kestabilan plywood.

Jenis kayu tersebut banyak digunakan sebagai kitchen set, lemari, meja dan tempat tidur. Oleh karena plywood memiliki permukaan yang polos dan tidak memiliki serat yang khas, maka terkadang perlu diberi pelapis tambahan seperti venner (irisan kayu tipis) PVC. Untuk estimasi harga kayu lapis lebih murah daripada kayu solid, tapi lebih mahal dengan kayu olahan lainnya.

 

  1. Blockboard
Bahan Membuat Furniture Rumah

 Sumber: Indiamart.com

Merupakan potongan kayu kotak kecil-kecil (sekitar 2,5 – 5cm) dipadatkan dengan mesin dan diberi pelapis venner pada kedua sisi sehingga menjadi sebuah lembaran menyerupai papan. Ketebalan dapat mencapai 12 mm, 15mm, dan luasannya sama dengan multipleks.

Kebanyakan blockboard dibuat dari kayu yang lunak sehingga tingkat kekuatan tak sekuat plywood. Harga dari blockboard sedikit dibawah plywood. Jenis blackboard yang banyak tersedia yaitu teakblok (menggunakan lapisan venner kayu jati). Bahan tersebut cukup baik untuk membuat cabinet, rak maupun kitchen set.

 

  1. MDF (Medium Density Fibreboard)
Furniture Rumah

Sumber: Pinterest

Bahan dari MDF merupakan campuran dari serbuk kayu halus dan bahan kimia resin yang direkatkan serta dipadatkan dengan suhu dan tekanan tinggi. Kayu yang digunakan pada jenis  bahan furniture ini yakni kayu sisa perkebunan atau bambu yang menjadikan jenis bahan furniture lebih ramah lingkungan. Bentuknya berupa lembaran yang siap dipotong sesuai dengan kebutuhan. Adapun jenis yang lebih padat dan kuat dikenal dengan HDF (High Density Fibreboard).

MDF memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi sehingga mudah dibentuk. Kekuatan dan ukuran MDF lebih berat dibandingkan plywood dan particle board karena menggunakan resin. Di pasaran MDF memiliki beberapa jenis finishing diantaranya cat kayu, PVC, HPL atau paper laminate. Untuk jenis bahan furniture MDF memiliki beragam warna dan motif. Furniture dengan bahan dasar MDF banyak digunakan hampir di seluruh industri furniture yang menggunakan dowel (batang kayu atau plastik kecil) atau dengan menggunakan connecting bolt yang membuat produk dapat dibongkar pasang dengan mudah.

 

  1. Particle Board
Desain Furniture Rumah

Sumber: Indonesian.alibaba.com

Terbuat dari partikel sisa serbuk hasil gergajian kayu, potongan kayu kecil, serpihan kayu tadi direkatkan dengan tekanan tinggi dan selanjutnya dikeringkan. Proses pembuatan hampir sama dengan MDF hanya saja bahan dari MDF lebih halus dan seragam, sedangkan bahan dari particle board lebih kasar dan tak beraturan.

Untuk kisaran harga, particle board lebih murah dibandingkan olahan lainnya. Kelemahan dari bahan olahan ini yakni air. Apabila bahan ini basah maka kekuatannya akan berkurang selain itu apabila digunakan untuk menahan beban berat particle board dapat melengkung.

 

Furniture memiliki banyak fungsi di dalam rumah selain menambah nilai keindahan interior rumah, fungsi lain yakni untuk memberikan kenyamanan bagi rekan sekalian. Selamat berkreasi kawan-kawan PropertiMakmur.id, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare

WhatsApp chat